Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bima

Telpon : (0461) 21053

Tentang Kami


   Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Kota Bima yang sebelumnya merupakan Puskesmas Asakota Kota Bima, berdiri dari adanya kecendrungan meningkatnya penyakit menular dan telah mengancam sejak usia muda ditambah selama dua dekade terakhir ini telah terjadi transisi epidemologis yang signifikan dimana penyakit tidak menular menjadi beban utama meskipun penyakit menular masih berat juga . Ini menyebabkan meningkatnya ratio rujukan serta kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang lebih dari puskesmas mendorong pemerintah Kota Bima untuk menaikkan atau merubah status Puskesmas Asakota menjadi Rumah Sakit Tipe D. 

   Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bima mulai beroperasional pada tanggal 4 Januari 2018 berdasarkan surat ijin operasional yang di keluarkan oleh Walikota Bima Nomor  No. 63 tahun 2018 dan Nomor  Regitrasi dari Kementrian Kesehatan 5272005 tertanggal 19 Juli 2018 dengan kelas Rumah Sakit Tipe D. Yang di perkuat dengan dengan di terbitkannya Peraturan Daerah tentang Pembentukan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bima tertanggal 18 September 2018 Nomor 11 tahun 2018. Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bima  dengan kapasitas tempat tidur 45 bed.

   Dalam rangka peningkatan mutu pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bima telah Dilakukan Survey Akreditasi pada tanggal 24 Juni 2019 dengan hasil Lulus Akreditasi Dasar Bintang Dua dengan nomor  sertifikat : KARS/SERT/834/VI/2019.

   Sesuai dengan amanah Undang-Undang Jaminan Kesehatan Nasional Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bima sejak Bulan Juni tahun 2018 sudah mengadakan kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan untuk memenuhi pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Bima. Dari Mulai berdiri sampai per 31 Desember 2020 Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bima adalah dr. Muhammad Natsir.